Subscribe:

About

Minggu, 10 Februari 2013

Materi TIK kelas X BAB 3


BAB 3

Manajemen File

Manajemen file sangat penting untuk mencegah hilang/rusaknya data-data penting, baik diakibatkan oleh virus,ataupun kerusakan hardware yang memaksa kita untuk reparasi Windows.
File merupakan bagian terpenting dalam sebuah komputer, hampir bisa dipastikan setiap setiap program yang berjalan adalah hasil kerja keras sebuah file.
Manajemen File adalah pengerjaan pengaturan file. Misalnya menyalin, memindah, menghapus, hingga memformat media penyimpanan file. Dengan adanya manajemen yang baik maka sistem kerja akan lebih rapi. Selain itu akan lebih effisien dalam pencarian data, sehingga dapat menghemat waktu dantenaga.


A. Melakukan Manajemen File

1.Mengaktifkan Windows Explorer

Pada sistem window, file-file dikumpulkan pada Window Explorer, aplikasi Window yang bertugas menyimpan file-file computer. Prosedur menjalankan aplikasi Windows Explorer adalah :
  1. klik Start, 
  2. Pilih All Programs,
  3.  Pilih Accesoris,
  4.  Klik Windows Explorer.      
Langkah lainnya dengan cara klik kanan di atas tombol start kemudian pilih explorer atau Explorer All Users, maka jendela window akan muncul.

2.Membuat Folder

Folder adalah tempat atau ruang penyimpanan file-file yang dipergunakan. Dalam sebuah PC ada perangkat yang dinamakan harddisk, media ini berwujud piringan keras yang berfungsi untuk menyimpan semua data yang dibutuhkan oleh komputer. Jumlah file yang dimiliki oleh komputer bisa mencapai jutaan file, bila computer tidak memiliki folder, betapa sulitnya mencari letak file kita.
Untuk mambuat satu folder di My Documents, berikut caranya:
  •  Pastikan bahwa posisi kursor aktif terletak pada My Documents,
  •  Klik menu file-New-Folder.
Bentuk folder yang muncul masih tertulis nama “New Folder”. Satu folder baru selesai dibuat, kalian dapat melihat hasilnya pada jajaran folder yang lain di dalam My Documents.

3.Mengubah Nama Folder

        Nama folder tidak selamanya new folder. kalian dapat mengganti sesuai dengan kebutuhan. langkah yang oerlu kalian butuhkan adalah :
  1. Klik folder yang akan diubah nama,
  2. Klik menu File dan pilih Rename atau dapat juga  klik kana pada folder kemudian klik Rename.Selain itu juga dapat dengan cara menekan tombol F2 pada keyboard,
  3. Ketikan nama sesuai dengan keinginan,akhiri dengan menekan tombol Enter.Langkah ini juga dapat digunakan untuk mengubah nama file.Sebelum diganti pastikan file sedang tidak dijalankan.     

4.Menghapus Folder

  •  Klik folder,
  • Klik menu File kemudian pilih Delete atau klik kanan folder kemudian pilih Delete.Dapat juga dengan tombol Delete pada keyboard.Secara otomatis folder akan terhapus.

5.Memasukkan File ke Dalam Folder

      Ada dua cara untuk memasukkan file ke dalam folder :
  1. Menggunakan Menu Cut-Paste
  • Klik file yang akan dipindahkan (misal: file “picture1”),
  • Klik menu Edit kemudian pilih Cut atau tekan tombol Ctrl+X pada keyboard,
  •  Klik folder tujuan (misal: folder “Images”),
  •  Klik menu Edit pilih Paste,atau menekan tombol Ctrl+V pada keyboard.

   2. Menggunakan Menu Move To
  •   Klik file yang akan dipindahkan (misal: file “picture1”),
  •  Klik kanan folder kemudian pilih Move to Folder,
  •  Pilih folder tujuan pada jendela Move Items,
  •  Klik tombol Move.

6.Menyimpan File
Untuk mengantisipasi kehilanagn data, baiknya data diduplikat atau dibuat salinan.Agar menghemat memory harddisk,sebaiknya duplikasi data disimpan pada media penyimpan lain seperti flashdisk, disket, atau lainnya. Caranya berikut ini :
  • Klik file yang akan dibuat salinan
  • Klik menu Edit kemudian pilih Copy
  •  Tentukan penyimpanan salinan file.Misalkan file akan dipindah ke flashdisk “MyMind Flash”’
  •  Klik menu Edit kemudian pilih Paste
       Secara otomatis data akan tersalin dalam “MyMind Flash”. Dapat pula menggunakan cara Send to yaitu dengan klik kanan File - Send to - tempat penyimpanan “MyMind Flash”. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk memindahkan file atau folder dari media penyimpanan lain ke dalam harddisk komputer.


A. Ekstensi File

     Banyak jenis file yang ada di dalam komputer. akstensi atau tipe yang ada juga banyak ragamnya tergantung dari jenisnya, misalnya file terdiri atas .jpg, .gif, .png dan lainnya. ada file yang memiliki ekstensi dan ekstensi ini dibuat oleh suatu provider untuk diolah dan hanya bisa digunakan ,enggunakan program yang dibuat oleh provider ini. misalkan file dengan ekstensi .psd adalah file gambar yang bisa diolah menggunakan Photosop yang merupakan mikik Adobe corp. Penulisan ekstensi file ditandai dengan tanda titik (.) kemudian diikuti dengan ekstensi.
 secara umum file yang banyak digunaka seperti berikut ini:

     1
.exe, .com, .bin
Bersifat eksekutable
2
.txt, .doc, .xls, .pdf
Documen office
3
.avi, .mpg, .mwv
Video
4
.zip, .tar, .jar, .rar
Archive, untuk kopresi file
5
.mp3, .wma
Audio file

0 komentar:

Posting Komentar